Mengetahui Dampak Negatif dan Positif Internet – Sedekah Online Terpercaya

Dampak Negatif Positif Internet, Aktivitas saat ini memang sangat tergantung dengan keberadaan internet. Dari sektor pendidikan, ekonomi, politik, sosial sampai dengan budaya keseluruhan kegiatannya telah didukung oleh internet. Dampak positif internet memang banyak dirasakan seperti memudahkan berbagai aktivitas. Akan tetapi, nternet juga memiliki dampak yang buruk. Apalagi untuk anak di bawah umur yang belum memahami  mana yang baik dan mana yang buruk.

Dampak Positif Internet

Internet bisa serta menyederhanakan aktivitas sehari-hari. Jika anda bisa bijak dalam menggunakannya, maka dampak positif internet bisa dirasakan.

Mudah mencari informasi dan pengetahuan

Dampak positif internet yaitu bisa menjadikan semakin mudahnya penyebaran informasi bermanfaat yang dapat diperoleh secara real time. Berbagai macam kejadian di seluruh dunia bisa diunggah dan dijadikan berita.

Jika untuk para pelajar, internet dan Google menjadi sumber referensi sesudah buku-buku pelajaran yang ada di sekolah ataupun di universitas. Pelajar juga dapat mencari materi yang dapat mendukung proses belajar. Youtube membuat belajar lebih mudah dengan melalui video edukasi.

Media transaksi dan bisnis

Adanya internet juga bisa menjadikan transaksi dan proses belanja menjadi lebih mudah. Sebab, dapat dilakukan melalui smartphone. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan transfer lewat online banking atau uang digital. Manfaat internet ini bisa memberikan kemudahan bagi pihak penjual maupun pembeli.

Pihak penjual tidak perlu keluar biaya untuk sewa toko. Sedangkan, pembeli juga tidak harus merasa repot keluar rumah untuk membeli barang yang diinginkan. Anda bisa membuka situs e-commerce, tinggal pilih barang lalu bayar. Dan anda tinggal menunggu pengiriman datang.

Dampak Negatif Adanya Internet

Nah, untuk dampak buruk, sebenarnya internet tidak langsung memberikan efek tersebut dalam kehidupan. Tentunya karena pengguna masih belum bijak dalam penggunaannya. Terdapatnya internet dinilai merupakan kebebasan tak terbatas sehingga banyak yang menyalahgunakan internet untuk hal-hal yang tidak baik, seperti;

Penyebaran Hoax

Tak hanya memiliki dampak positif,  internet juga bisa berdampak buruk seperti penyebaran berita palsu atau hoax yang juga merajalela. Hal ini sering dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Jika anda semua tidak berhati-hati serta selektif dalam membaca berita, bisa jadi anda justru menjadi korban hoax.

Penipuan dan Aksi Kejahatan

Mudahnya transaksi belanja yang dapat dijalankan secara online juga memiliki dampak negatif. Diantaranya seperti penipuan serta aksi kejahatan yang dilakukan orang untuk memperoleh keuntungan sendiri. Terkadang ada peristiwa saldo uang digital seseorang tiba-tiba menghilang sesudah mengklik suatu pesan yang muncul pada waktu melakukan transaksi online.

Berbagai macam hal pastinya ada sisi baik dan buruknya, sama halnya dengan adanya internet ini. Ada dampak positif internet dan ada juga dampak buruknya. Karena berbagai macam tindak kejahatan terus ada, maka anda semuanya sebaiknya selalu berhati-hati serta bisa bijak dalam menggunakan internet.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *